Cara bisnis online tanpa modal | informasi peluang usaha | Ide bisnis terbaru dan tips pemasaran produk.

Usaha Rumahan Budidaya Ikan Gurame Yang Menjanjikan

Usaha Rumahan Budidaya Ikan Gurame Yang Menjanjikan – Ikan air tawar memiliki jenis yang beragam. Salah satu yang paling digemari adalah ikan gurame. Ikan gurame disukai banyak orang terbukti dari banyaknya rumah makan yang menyediakan menu satu ini. selain itu dari segi proses budidayanya, ikan air tawar ini juga termasuk mudah dalam diternakan. Budidaya ikan gurame pun bisa dilakukan di rumah. Jika anda memiliki lahan dan sumber air memadai, cobalah manfaatkan untuk membuka budidaya ikan air tawar satu ini.

Usaha Rumahan Budidaya Ikan Gurame Yang Menjanjikan

Proses budidayanya pun cukup mudah. ikan gurame memiliki sifat yang unik. Ia mampu bertahan dalam berbagai kondisi air. dari segi pakan dan perawatannya pun terbilang lebih mudah. oleh sebab itu jika anda ingin membuka budidaya ternak ikan air tawar, jenis ikan gurame ini merupakan pilihan terbaik untuk dipasarkan. Nah, bagi anda yang penasaran apa saja jenis usaha ikan gurame dan prospek keuntungannya, berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

Jenis Usaha Budidaya Ikan Gurame

1. Usaha telur ikan gurame

Selain dagingnya, telur ikan gurame juga sangat menjanjikan jika dijual. Ikan air tawar ini memerlukan sarang khusus untuk bertelur. Biasanya petani akan membeli indukan dan menaruh telurnya di kolam terpisah. Telur ikan gurame akan menempel pada sarang dari sabut kelapa di kolam. Harga telur ikan tersebut pun cukup tinggi. Mulai dari 15 hingga 130 rupiah per butirnya.

2. Pembesaran ikan

Dalam membuka pembesaran ikan gurame, anda memerlukan dua jenis kolam yaitu kolam tanah dan kolam ikan dari terpal. Langkah selanjutnya setelah mendapatkan telur adalah dengan menetaskannya. Setelah beberapa hari barulah dipindahkan di kolam terpisah. Jika ikan gurame sudah berusia 3 sampai 4 minggu anda bisa menjualnya ke pengepul. Jadi tidak hanya fokus pada pembesaran saja namun juga bisa dijual dalam bentuk yang masih kecil.
Kelebihan usaha budidaya ikan gurame.

Baca : 7 Kiat Sukses Bisnis Kuliner

1. Harga jual tinggi

Usaha budidaya ikan air tawar satu ini memiliki harga jual tinggi sekitar 40 sampai 50 ribu per kilo. Ikan konsumsi ini memiliki ukuran cukup besar sehingga jika anda bisa panen dalam jumlah banyak maka keuntungan yang didapat pun semakin besar. bahkan bobot ikan gurame bisa mencapai 5 kg dengan harga jual yang lebih besar.

2. Daya tahan kuat

Berbeda dari jenis ikan lainnya, gurame merupakan jenis ikan yang memiliki tingkat kekebalan tinggi. Hal ini membuat anda tidak perlu khawatir akan potensi gagal panen. Anda tetap harus menjaga kualitas kolam dan air walaupun ikan satu ini memiliki daya tahan kuat karena akan menghasilkan panen yang lebih menjanjikan.

3. Permintaan pasar tinggi

Permintaan pasar ikan gurame cukup tinggi. Minat masyaakat Indonesia untuk jenis ikan air tawar ini masih sangat besar. terutama di kalangan pemilik restoran. Menu berbahan dasar ikan gurame memiliki prospek laku yang lebih besar. hal inilah yang membuat permintaan pasar ikan air tawar ini cukup besar.

Baca : Shttt…. Inilah Cara Cepat Kaya Raya!

Demikianlah beberapa contoh usaha budidaya ikan gurame rumahan beserta prospek keuntungannya. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Usaha Rumahan Budidaya Ikan Gurame Yang Menjanjikan