Cara bisnis online tanpa modal | informasi peluang usaha | Ide bisnis terbaru dan tips pemasaran produk.

Persiapan Sebelum Memulai Usaha Kecil

Ingin memulai usaha kecil-kecilan? mungkin anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini, yaitu persiapan sebelum memulai usaha kecil. Ngomongin soal bisnis memang selalu menarik untuk diperbincangkan, namun tidak sedikit juga yang masih takut untuk memulainya, jangan” anda juga termasuk salah satu yang tidak sedikit itu ? :D ada sebuah istilah yang menarik buat saya pribadi yang berbunyi “Bisnis yang baik adalah bisnis yang dibuka” yang pada intinya jika ingin memulai bisnis, segeralah untuk memulainya, jangan ditunda-tunda, memang sebelum memulai membuka bisnis, diperlukan analisa atau pun menakar ini itu seputar bisnis, itu tidak salah dan memang harus begitu, namun masalahnya jangan terlalu lama berkutit disitu, segera buka bisnis anda.

Memutusakan untuk memulai berbisnis memang menjadi pilihan terbaik bagi setiap orang untuk meraih kesuksesan. Namun permasalahanya dalam perjalanan dunia bisnis itu tidak semudah seperti apa yang kita bayangkan. Orang bilang dalam dunia bisnis merupakan dunia keras, dunia bersaing, dimana mereka yang tidak mampu bertahan dan tidak menang dalam persaingan maka  bisnis yang dijalankan justru akan mengalami kerugian. Apalagi bagi kita yang baru akan memulai masuk dalam dunia bisnis tentu akan banyak tantangan.

persiapan membuka usaha
ilustrasi (shutterstock)

Untuk menjalankan bisnis diperlukan strategi cerdas dan jurus jitu untuk mencapai kesuksesan. Karena dalam dunia bisnis, yang namanya persaingan bisa dibilang cukup keras. Lalai dan tidak peka terhadap suatu perubahan maka anda akan tertinggal oleh pesaing-pesaing yang terus tumbuh. 
   
Nah kali ini penulis ingin berbagi soal hal penting, iya hal penting buat anda yang ingin memulai membuka bisnis, tapi…. Ssstttt.. diem” aja ye jangan bilang siapa-siapa soalnya ini rahasia, rahasia kita berdua, okey? :D Apa saja persiapan sebelum memulai usaha kecil ? okey langsung saja berikut beberapa rahasia yang mesti anda perhatikan dan pertimbangakan :

1. Skill atau Kemampuan

Ini merupakan modal utama untuk memulai bisnis, apalagi sebagai orang baru dalam dunia bisnis atau pemula dalam berbisnis, tentu untuk melakukan pekerjaan utama membutuhakan skill aatau kemampuan. Namun tidak perlu kuatir soal ini, karena jika anda merasa tidak memiliki banyak skill seputar pekerjaan utama dalam bisnis yang ingin anda jalankan, anda bisa mencari teman atau partner yang cocok untuk anda percaya memiliki skill atau kemampuan lebih. perlu di catat bahwa kemampuan utama seorang pembisnis adalah “bisa menjual” karena bagaimana mungkin akan sukses jika seorang pembisnis tidak memiliki kemampuan menjual produknya? Jadi seperti yang penulis katakana diatas jika merasa tidak memiliki banyak kemampuan, anda bisa mencari teman untuk membantu menjalankan bisnis anda, tentu pilih orang yang anda anggap ahli dalam bidangnya.

2. Membuat Rencana


Dengan membuat rencana maka hal ini akan membantu dalam menjalankna setiap proses atau pekerjaan bisnis anda untuk mencapai kesuksesan, maka hal ini semestina di buat. ibaratnya ini akan menjadi roadmap anda dalam menjalankan bisnis. Jika anda memulai membuka usaha maka anda tidak hanya berfokus pada tugas dan pekerjaan dasar, namun dituntut untuk lebih berfikir jauh kedepan, agar usaha tersebut bisa berjalan dengan baik. Seperti merencanakan strategi-strategi tertentu, dan melihat ancaman-ancaman baik internal maupun ekternalnya. Karena andalah pemilik usaha tersebut maka anda akan mendapatkan banyak fungsi, hidup mati bisnis ada ditangan anda. Jadi rencanakan bisnis anda sebaik mungkin, agar kesuksesan segera menghampiri anda.

3. Kepribadian yang memiliki mental hebat


Mungkin ada beberapa orang yang ketika dihadapkan dengan banyak hal dan dia disuruh memilih satu diantaranya, terkadang mengalami kebingungan, tidak tau mana yang harus dipilih. Begitu juga dalam urusan bisnis, seorang pembisnis harus mempunyai mental yang ampuh dan bijak dalam mengambil keputusan, dan biasanya sebagai seorang yang baru masuk dunia bisnis tentu akan begitu semangat dalam menjalankan setiap pekerjaan, buka begitu ? namun jika nanti suatu saat ternyata bisnis yang anda jalankan mengalami kesuksesan, pertanyaana “Apakah anda akan benar-benar menjalankan bisnis anda tersebut sebagai pekerjaan utama anda ?” atau mungkin anda akan mencari orang lain yang anda percaya untuk mengurus bisnis anda tersebut? Yang pasti siapkan mental untuk menyambut kesuksesan.


4. Membangun target pasar dan membangun komunikasi

Masuk dalam sebuah komunitas tertentu akan banyak keuntungan yang akan anda dapatkan, selain bisa melakukan promosi dalam komunitas tersebut, anda juga akan lebih mengetahui terhadap permintaan pasar. Menjalin komunikasi terhadap banyak orang mesti anda dapatkan, karena dengan begitu anda bisa memperluas jangkauan untuk mendapatkan target pasar yang lebih luas dan mendapatkan banyak informasi, baik itu informasi seputar pesaing anda maupun informasi lainya yang tentu sangat dibutuhkan dalam bisnis yang anda jalankan.


5. Komitmen

Dalam proses bisnis hanya ada dua hal yaitu Keberhasilan atau kegagalan. Jika anda mengingkan sebuah kesuksesan maka semestinya anda memiliki komitmen dan semangat untuk terus menjalankan bisnis anda dalam situasi apapun. Seseorang dikatakan “gagal” ketika ia berhenti untuk tidak melanjutkan apa yang dia inginkan.

4. Pasar Premium ? Anda harus punya

Memiliki pelanggan yang mampu membayar harga premium untuk produk premium maka ini sangat menguntungkan. Untuk Mengembangakan bisnis umumnya adalah menjual produk lebih banyak ke pelanggan dan menjual lebih sering ke pelanggan.

5. Mencari Mitra Usaha

Banyak manfaat ketika kita memiliki mitra dalam berbisnis,paling tidak dapat saling mendukung dalam menjalankan bisnis.


6. Catatan

membuat perencanaan apa yang akan anda kerjakan, dan koreksi setiap pekerjaan tersebut, apakah langkah tersebut sudah baik.


7. Manajemen waktu

Mengatur waktu dengan baik, seperti kapan saya akan melakukan pemasaran atau kapan saya harus pulang kerumah. Dengan begitu anda memiliki kehidupan yang berimbang.

Nah itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai membuka bisnis, demikian semoga artikel persiapan sebelum memulai usaha kecil dapat bermanfaat. Salam sukses!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Persiapan Sebelum Memulai Usaha Kecil