Cara bisnis online tanpa modal | informasi peluang usaha | Ide bisnis terbaru dan tips pemasaran produk.

23 Peluang Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa


23 Peluang Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa - Hallo teman piebisnismu, apakah anda merupakan salah satu yang sedang mencari peluang usaha atau bisnis yang cocok untuk anda sebagai mahasiswa? kampus merupakan salah satu tempat yang bagus untuk menimba banyak ilmu, namun kita sebagai mahasiswa yang sedikit kere.., e e maksud saya sebagai mahasiswa yang kreatif, kampus tidak hanya untuk menimba ilmu, namun bisa kita jadikan sebagai tempat untuk mulai merintis bisnis. 

23 Peluang Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa

Ada banyak sekali peluang bisnis sampingan yang cocok bagi mahasiswa atau biasa disebut bisnis anak kuliahan, seperti usaha jualan jam tangan, usaha jualan pulsa, dan lain sebagainya. Sedikit cerita, mungkin bisa menjadi inspirasi, salah satu teman saya kuliah dulu, dia membuka bisnis jualan jam tangan, jam tangan yang dia jual juga dari berbagai merek dan harga, pemasaran yang dia lakukan biasanya lewat facebook, bbm, dan juga teman-teman kampus, tidak sia-sia bisnis yang dia rintis tersebut bisa dibilang cukup sukses, banyak permintaan yang ia terima dari teman-teman kampus, dan sampai hari ini bisnis tersebut masih dia jalankan walaupun sudah lulus kuliah, yang mana awalnya hanya coba-coba, namun sekarang bisa menjadi bisnis yang serius untuk dijalankan.

Nah seperti yang sudah saya bilang diatas, peluang bisnis sampingan untuk mahasiswa ada banyak sekali, baik bisnis dijalankan secara online maupun offline, bisnisnya dapat berupa bisnis dengan modal maupun bisnis tanpa modal. Langsung saja simak beberapa peluang bisnis untuk mahasiswa dibawah ini :

Peluang usaha dan bisnis yang cocok untuk mahasiswa

1. Bisnis Bimbel (Bimbingan Belajar)

Bisnis bimbingan belajar atau private bisa anda jalankan dengan tanpa modal, namun menjalankan bisnis ini tentu anda dituntut untuk memiliki keahlian dan keterampilan khusus. Sebagai contoh anda mahasiswa jurusan bahasa inggris, maka bisnis private bahasa inggris dapat menjadi pilihan, karena kursus bahasa inggris banyak dicari oleh orang tua murid.

Biasanya akan lebih rame ketika menjelang Ujian Nasional (UN), baik itu SMP, SMA maupun SD, orang tua murid akan mencarikan guru private supaya anaknya lulus ujian. Untuk honor tergantung dari kesepakatan yang anda buat diawal.

2. Bisnis Barang Bekas (Brangkas)

Untuk membuka bisnis jualan barang bekas, maka kejelian dalam membaca peluang harus dimiliki, karena biasanya barang bekas banyak yang memandangnya dengan sebelah mata, padahal bisa jadi barang tersebut berarti bagi orang yang membutuhkanya. bisnis ini akan membutuhkan modal, seperi membeli rak buku, yang kemudian menjualnya kembali kepada teman-teman kampus yang membutuhkanya. Untuk mendapatkan barang bekas bisa anda mencari di facebook, karena sekarang sudah banyak sekali group-group di facebook jual beli barang bekas atau bisa mencarinya di pasar brangkas.

3. Bisnis Fotografi (foto dan video)

Bisnis ini cocok untuk anda mahasiswa yang memiliki hobi dengan fotografi. Misalnya membuka usaha jasa fotografi untuk acara wisuda atau pembuatan video klip. Jika bisnis ini dilakukan dengan baik, bisnis ini dapat berpotensi bagus kedepannya setelah anda lulus kuliah.

4. Bisnis Hiburan Musik 

Suka main alat musik atau sudah punya group band sendiri di kampus ? anda bisa bekerja sama dengan pemilik café- cafe untuk mengisi acara musik di kafe mereka.

5. Bisnis Content Writer / Copywriter  (Penulis)

Anda bisa menjalankan peluang bisnis ini dengan tanpa modal, jika anda memiliki hobi menulis, dan tulisan anda bagus maka anda bisa menjual tulisan anda di internet, seperti di media online.

6. Bisnis Desain Grafis 

Bisnis desain grafis memiliki prospek yang menjanjikan, banyak orang yang membutuhkan, misal mendesain logo, desain kaos distro, desain website dan desain lainnya. Tentu bisnis ini mengharuskan untuk memilki keterampilan dalam mengoperasikan banyak software desain, seperti CorelDraw ataupun photoshop.

7. Bisnis Translate (Penerjemah) 

Peluang bisnis menjadi penerjemah bisa anda lakukan bagia anda yang memiliki keterampilan bahasa baik secara lisan maupun tulis, seperti bahasa inggris, bahasa mandarin. Anda dapat menawarkan jasa penerjemah ini kepada teman-teman kampus pada jurusan lain.

8. Bisnis Jasa Print

Yang namanya mahasiswa tentu tidak lepas dengan acara nge-print tugas, ini bisa menjadi peluang bisnis dengan membuka jasa print, tentu untuk membuka bisnis ini diperlukan modal, seperti laptop, printer dan juga kertas. Untuk membuka bisnis ini anda tidak perlu untuk menyewa tempat, tempat kos atau kontrakan bisa menjadi alternative untuk meminimalkan modal.

9. Bisnis Kaos Distro

Untuk menjalankan bisnis ini, anda di haruskan memiliki keterampilan, seperti keterampilan mendesain kaos, dan juga menjalin kerja sama dengan konveksi maupun sablon.

Baca Juga : Peluang Usaha Menjanjikan dengan Kaos Distro 

10. Bisnis Pembuatan Toko Online 

Bisnis ini sangat cocok dijalankan apabila anda merupakan mahasiswa dengan jurusan IT, selain untuk mempraktekan teori pemrograman web yang kita pelajari dikampus, kita juga bisa langsung mempraktekan dengan membuka jasa pembuatan toko online, sebab sekarang ini banyak sekali orang yang menjual produknya secara online.


11. Bisnis Jasa Pengiriman 

Bisnis sampingan jasa pengiriman barang ini sangat bagus untuk dijalankan, dengan memanfaatkan motor yang ada dan tentunya anda harus mengenal wilayah tujuan pengiriman supaya tidak banyak membuang banyak bahan bakar.

12. Bisnis Jasa Pembuatan Website 

Seperti pada peluang bisnis sebelumnya, selain membuka jasa pembuatan toko online, anda juga bisa membuka jasa pembuatan website, contohnya website perusahaan, web sekolah, ataupun web pribadi. Dibutuhkan ketrampilan olah bahasa pemograman untuk menjalankan bisnis ini, misal bahasa pemograman php, html, mysql, asp, atau anda bisa menggunakan yang open source seperti CMS wordpress.

13. Bisnis Pulsa

Bisnis ini bisa dibilang salah satu jenis bisnsi yang cukup mudah untuk dijankan, namun tantanganya biasanya ada pada orang yang suka membeli namun bayarnya belakangan, nah supaya bisnis bisa bertahan terus  maka anda harus mencari strategi untuk mengatasi ini.

14. Menjadi Publisher 

Menjadi publisher bisa dilakukan bagi anda yang suka dengan dunia bloging, caranya dengan membuat blog dan membuat artikel, lalu kemudian anda bisa mendaftarkan blog anda ke penyedian iklan, seperti google adsense, kliksaya dan lainnya. Selain bermain iklan anda juga bisa menjual produk dari blog yang anda kelola, seperti menjual buku.

15. Bisnis Service Komputer/Laptop 

Memiliki keahlian hardware dan software laptop atau komputer, bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Untuk membuka bisnis ini maka dibutuhkan peralatan, misalnya obeng untuk membuka bagian-bagian dari laptop. Anda bisa memulai memasarkan bisnis ini dengan yang terkedat terlebih dahulu, seperti teman kampus atau teman kos.

16. Bisnis Jual Aplikasi Game 

Peluang bisnis ini sangat cocok jika anda merupakan seorang gamer, anda dapat menjual koleksi game online maupun offline kepada teman yang sama-sama suka bermain game. Apalagi jika memiliki banyak koleksi game, baik game PC maupun game smartphone android, tentu akan banyak mengundang pelanggan untuk copy game. bagusan lagi apabila anda memiliki keterampilan untuk membuat game android sendiri lalu kemudia anda upload di play store milik google, seperti sekarang ini, dunia sedang demam dengan yang namanya game Pokemon Go…

Baca juga : Mendapatkan Uang Lewat Aplikasi Android 

17. Bisnis Jual E-Book

Teknologi smartphone semakin hari semakin berkembang, hal ini membuat banyak perubahan pada kebiasaan orang, seperti kebiasaan membaca, jika dahulu untuk membaca buku kita harus membeli dalam bentuk hard copy, namun sekarang dengan adanya smartphone dan aplikasi pendukungnya, kita dapat membaca buku dalam bentuk E-book, maka hal ini menjadi peluang bagi kita untuk jualan e-book. Namun sebaiknya e-book yang anda jual merupakan hasil karya anda sendiri.

18. Bisnis Perawatan Hewan 

Suka dengan dunia hewan ? jika jawabanya iya, mungkin peluang usaha ini cocok untuk anda, penitipan dan perawatan hewan, seperti anjing, kucing dan lainnya. Dibutuhkan ruangan atau area yang cukup luas untuk membuka usaha ini, dan mungkin juga memerlukan karyawan untuk menjalankankanya, mengingat anda juga harus pergi ke kampus.

19. Menjual Makanan Ringan  

Peluang bisnis menjual makanan ringan di kampus ini cukup simple untuk dijalankan, karena persediaan produk  tidak perlu anda membuatnya sendiri, cukup memesan ke penjual dengan harga miring lalu anda jual kembali ke kampus dengan harga yang sudah anda tetapkan. Selain menjual saat jeda perkuliaah anda juga dapat menjualnya dengan menitipkan ke koperasi atau kantin.

20. Bisnis Jasa Menulis Resume

Jika anda memiliki keterampilan dalam menyajikan informasi, jasa penulisan resume lamaran kerja dapat menjadi peluang bagus dan hal ini juga akan memberikan pengalaman ketika anda sudah lulus dari kampus.

21. Bisnis Jasa Tour

Meyukai dunia wisata dan trampil dalam merencanakan perjalanan jauh, maka bisnis tour bisa menjadi pilihan. Anda bisa menawarkan jasa tour di kampus dengan menawarkan paket tour wisata atau liburan dalam dan luar negeri.

22. Membuka Bengkel Motor 

Peluang usaha ini cocok jika anda hobi dan memiliki keterampilan dalam dunia mesin, seperti mengganti oli, ganti kampas rem. anda bisa membuka bisnis ini di area kontrakan atau kos. memerlukan modal yang cukup untuk membuka bisnis ini, karena pastinya anda memerluka peralatan bengkel.

23. Jasa Update Aplikasi dan Software

Memiliki pengetahuan, keahlian dan keterampilan dengan aplikasi atau software computer bisa menjadi peluang bisnis sampingan. Seperti update windows 7/8, Microsoft office, dan lain sebagainya.  Anda bisa mengawali bisnis ini dengan mempromosikan kepada teman sekitar.

Demikian 23 peluang bisnis yang cocok untuk mahasiswa, silahkan anda dapat memilih bisnis atau usaha sampingan seperti apa yang anda inginkan dan tentunya baik untuk anda jalankan, semoga dapat membantu teman-teman mahasiswa semua. Salam sukses!

Baca Juga : Tips usaha dan Bisnis ala Mahasiswa


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 23 Peluang Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa