Cara bisnis online tanpa modal | informasi peluang usaha | Ide bisnis terbaru dan tips pemasaran produk.

5 Langkah Membuat Website dengan CMS Wordpress

Cara simple membuat website dengan CMS wordpress. sebenarnya ada banyak cara untuk membuat sebuah situs web, CMS wordpress adalah salah satunya. ada yang belum tahu apa itu CMS ? CMS adalah Content Management System sebuah aplikasi web yang di gunakan untuk menambah atau memanipulasi website tanpa harus mengerti pemrograman web. jadi intinya, cms merupakan solusi alternatif bagi mereka yang tidak bisa membuat program website sendiri,  namun tetap terlihat profesional dan handal.

5 Langkah Membuat Website dengan CMS Wordpress
CMS sendiri sebenarnya banyak macamnya, seperti wordpress, Joomla, prestashop. namun di sana kita hanya membahas cms wordpress saja, karena menurut saya wordpress sangat mudah di gunakan dan lebih populer.

Website yang akan kita buat ini buka website atau blog gratisan, seperti wordpress.com atau blogspot ya, tapi wordpress.org. karena dengan menggunakan domain dan hosting sendiri kita akan lebih memiliki hak kontrol dan meningkatkan kepercayaan pengguna dan di mata search engine. Saya merekomendasikan menggunakan layanan hosting premium seperti Hostgator dan domain  seperti Namecheap/Godaddy untuk mendapatkan hosting murah dan nama domain untuk situs anda.

Okey kita mulai, sekarang bahwa kita telah memilih dan menyelesaikan penelitian kata kunci yang akan kita gunakan. langkah berikutnya adalah memulai fokus pada pembuatan situs dan kemudian kita dapat mulai menambahkan element dasar dan juga pembuatan konten website.


Langkah 1: Cara untuk memilih nama Domain

Sebelum kita membangun sebuah situs web, langkah pertama adalah menentukan dan memilih nama domain, ini sangat pentung e.. penting, seperti halnya alamat rumah anda. Untuk studi kasus ini, anda bisa memilih membuat nama domain anda dengan kata kunci pilihan anda atau merek bisnis anda, contohnya begini: Jika anda ingin berjualan kripik bakar dengan merek enakrasane, maka otamatis anda mempunyai dua pilihan nama domain, bisa kripikbakar.com atau enakrasane.com.

Ada yang bertanya gimana kalau saya kasih nama saya saja, seperti iyem.com ? memilih nama domain dengan menggunakan nama bisnis kita akan lebih menguntungkan, karena ini akan mewakili bisnis kita, bukan diri kita, dan ini pilihan terbaik untuk situs niche. jadi bisa di perkirakan akan banyak orang menulis kata kunci kripik bakar, dari pada nama anda bukan ? kecuali anda seorang artis.

Namun jika nama tersebut sudah tidak bisa digunakan, alias sudah ada yang menggunakan, sebagai alternatifnya anda bisa menambahkan beberapa kata di awal atau di akhir, seperti belikripikbakar.com. kripikdibakar.net, kripikmurah.org. untuk memilih penyedia domain, saya sarankan anda memilih godaddy sebagai server domain anda, karena menurut saya lebih profesional dan harganya pun relatif murah dan juga bayak bonusnya.

Langkah 2: Memilih Hosting untuk situs Niche

Pilihlah penyedia hosting yang handal dan profesional. saya sendiri telah menggunakan beberapa penyedia hosting untuk situs web saya yang lain, tapi akhirnya saya menemukan Hostgator adalah perusahaan hosting termurah dan paling dapat diandalkan. selain itu jika anda mengalami kesulitan, anda bisa meminta bantuan kepada mereka, jangan kuatir mereka sangat mengutamakan pelanggan, jadi setiap permasalahan pasti akan di tanggapi dengan baik, ramah" kok mereka.

Langkah 3: Cara setting domain ke hosting

Karena kita menggunakan server domain dan hosting yang berbeda, Sebelum menginstal wordpress, kita terlebih dahulu harus mengatur  domain kita (dari godaddy) mengarah ke web hosting (hostgator), caranya ? begini,  langkah pertama, Login ke Cpanel, contoh : www.namadomainanda.com/cpanel langkah kedua, setelah berhasil masuk di control panel, cari name server atau name server infromation langkah ketiga, pilih domain yang akan di atur name servernya, dan masukan name server web hosting yang akan anda gunakan, contoh : ns1.hostgator.com, ns2.hostgator.com. namun jika anda belum tahu name server hosting anda, sebaiknya anda tanyakan terlebih dahulu. langkah keempat, klik save, dan selamat anda sudah berhasil mengarahkan domain anda ke server web hosting. kemudian tunggu sekitar 24 jam untuk memulai menginstal wordpress, tergantung pelayanannya.

Langkah 4: Install wordpress

Setelah mengatur dan domain anda sudah benar-benar mengarah ke hosting, sekarang saatnya untuk menginstall wordpress, ikuti langkah-langkahnya dengan baik :

1. Silahkan login ke Cpanel anda, seperti tadi langkah ke 3 poin pertama
2. setelah login scroll kebawah dan anda akan menemukan menu Scrip seperti pada gambar

install wordpress


3. Setelah itu, klik pilihan wordpress, setelah di klik anda akan di arahkan ke halaman baru, dan berisikan form yang harus anda isi, termasuk nama website, name dan pasword anda.

4. Setelah terisi semua, silahkan cek kembali, pastikan tidak ada yang salah saat pengisian
5. Setelah yakin data anda benar, anda sekarang bisa klik tanda Ichekbox "I read the terms conditions.." dan klik tombol complete. dan sekarang proses instalalasi sedang berjalan, silahkan tunggu beberapa menit. installing.....

Nah... kalau proses instal sudah selesai.. anda akan menerima informasi mengenai blog yang baru saja anda buat tadi, seperti, URL blog anda, alamat login web anda, dll.

Sampai disini anda sudah dinyatakan berhasil membuat website bisnis anda, prok.. prok.. namun masih perlu beberapa langkah lagi agar website anda lebih sepurna. apa lagi ...? hammm ikuti saja ya :D

Langkah 5: Menginstall  Tema

Setelah berhasil mengistall setup wordpress, kini saatnya untuk memilih template blog anda. untuk mengganti template paling tidak ada 2 cara yang bisa anda pakai, yang pertama anda bisa masuk dashbor website anda, dan yang kedua anda bisa masuk control panel dan meng-upload template anda. caranya ? lagin ke website anda dengan cara 
  • www.namadomainanda.com/wp-login.php
  • masukan name dan pasworrd anda
  • cari menu Appearance-Themes- dan pilih template/upload template 
  • setelah itu preview dan save
Template yang ideal untuk situs niche menurut saya adalah template yang sederhana dengan banyak ruang putih dan menggunakan beberapa gambar saja. Mengapa? tujuan dari situs niche, Kita akan membangun sebuah website yang akan mendorong pembaca untuk klik pada iklan/banner ke halaman arahan produk kita, sehingga penghasilan kita pun akan bertambah, jadi pilihlah template yang baik secara, seo, responsif, elega dan juga mampu menempatkan kode iklan secara strategis,Apa pun yang sekiranya tidak melayani dan mengganggu pembaca harus anda hilangkan. untuk mendapatkan theme selain mencari gratisan ada juga yang berbayar, tergantung bagaiaman menurut anda sebaiknya.

(Baca: Search Engine Optimization (SEO) Sebagai Alat Promosi)

Demikian 5 Langkah Membuat Website dengan CMS Wordpress, semoga bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Langkah Membuat Website dengan CMS Wordpress