Cara bisnis online tanpa modal | informasi peluang usaha | Ide bisnis terbaru dan tips pemasaran produk.

Strategi pemasaran untuk bisnis yang ingin sukses

Mendapatkan pelanggan atau konsumen yang banyak dan tepat sasaran dalam memasarkan sebuah produk merupakan kebutuhan setiap bisnis. Dengan tujuan produknya terjual dan mendapatkan pelanggan yang bagus. Ini adalah tentang strategi pemasaran atau strategi marketing bagaimana bekerja, apakah sebuah strategi pemasaran yang berjalan sudah cukup bagus ? siapa pasar yang dituju? Apakah konsumen atau pelanggan merasa puas terhadap produk yang anda berikan ? inilah mengapa strategi pemasaran diperlukan, tanpa strategi pemasaran yang bagus upaya untuk mendapatkan pelanggan akan cenderung serampangan dan juga tidak efisien.

Pemasaran produk
Illustrasi pixabay.com

Bagaimana strategi pemasaran yang bagus ?


Pertama : Fokuslah pada produk anda, apakah produk yang anda tawarkan memenuhi kebutuhan
pelanggan ? jika iya itu bagus, berarti anda mengerti apa kebutuhan pelanggan.

Kedua : selalu jalin hubungan antara perusahaan dan pelanggan, ini mungkin sering kali di abaikan oleh kebanyakan orang, namun ingat ini adalah aset mahal perusahaan. Berikan pelayanan yang bagus dan selalu peka terhadap kebutuhan dan permintaan pelanggan.

Ketiga :  buatlah strategi yang fleksibel, dimana perusahaan dapat menanggapi perubahan persepsi baik dari pelanggan maupun permintaan.  Hal ini juga dapat membatu perusahaan untuk mengidentifikasi pasar baru untuk di target.

keempat : berikan alasan kepada pelanggan mengapa dan kenapa mereka harus beli produk anda?

kelima : selalu pantau strategi pemasaran yang anda terapkan, apakah sudah efektif,  jika iya maka buat strategi bagaimana mempertahankan keberhasilan tersebut.

Apa saja kunci strategi pemasaran yang bagus ?


Melakukan riset pasar untuk memahami apa kebutuhan dari pelanggan, apakah selama ini pelanggan sudah cukup puas terhadap produk yang sudah ada, jika belum, apa yang belum memuaskan pelanggan ? ini adalah kunci dimana anda harus memuaskan mereka dengan produk anda.
Setelah itu anda dapat membuat strategi pemasaran untuk kebutuhan pelanggan yang ingin anda target, misal, jika kelompok tertentu ternyata mencari produk dengan kualitas A, maka setiap melakukan pemasaran anda harus menunjukan kepada mereka bahwa produk anda berkualitas A. ini menjadi salah satu alasan mengapa mereka harus membeli produk anda.


Salah satu jalan alternatif untuk mencapai ini adalah dengan membuat berbagai bentuk iklan, seperti membuat papan iklan di berbagai titik target, menjadi sponsor dalam berbagai kegiatan masyarakat dll. Jangan lupa untuk selalu memonitoring dan evaluasi terhadap strategi pemasaran yang diterapkan, apakah sudah efektif atau belum.

Dalam membuat strategi pemasaran kita juga harus tahu apa saja kekuatan dan kelemahan bisnis, karena ini tentu akan mempengaruhi dalam pemasaran. Untuk mengetahui hal itu kita bisa menggunakan analisa S.W.O.T. dimana ini adalah tentang kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman.

Contoh :

Kekuatan dapat meliputi:
Memiliki pengetahuan dan keterampilan khusus
Fitur baru dalam produk

Kelemahan dapat meliputi:
Keterbatasan keuangan
Sistem keuangan yang buruk

Peluang dapat meliputi:
Dapat menjangkau pasar baru lewat internet
Teknologi baru yang dapat meningkatkan kualitas produk

Ancaman dapat meliputi:
Penurunan dalam perekonomian
Munculnya pesaing baru

Dengan memahami kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bisnis anda, anda dapat mengembangkan strategi pemasaran yang baik dan efektif, sekaligus untuk mengidentifikasi guna meminimalkan kelemahan dan memaksimalkan peluang. jika dirasa keuangan menjadi kendala, maka
strategi pemasaran tanpa modal bisa menjadi solusi.

Beberapa pertanyaan ketika akan mengembangkan strategi pemasaran!


Apa kekuatan dan kelemahan perusahaan?
Adakah perubahan yang terjadi dilingkungan perusahaan ? apakah itu peluang atau ancaman?
Apa saja yang ingin dicapai ? sebutkan secara jelas namun tetap realistis.
Apa yang pelanggan inginkan ?
Apakah ada pasar yang bisa perusahaan target secara efektif ?
Kelompok atau pelanggan mana saja yang paling menguntungkan ?
Bagaiaman cara menargetkan konsumen potensial yang tepat ?
Cara apa yang akan digunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan ?
Dapatkan perusahaan meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan ?
Cara apa yang akan digunakan untuk mendistribusikan dan menjual produk ?
Bagaiaman perusahaan tahu jika strategi pemasaran sudah efektif?

Untuk meningkatkan strategi pemasaran pada bisnis anda, mungkin anda juga harus belajar dari berbagai hal baik itu teori maupun studi lapangan, demikian mengenai strategi pemasaran untuk bisnis yang ingin sukses, semoga bermanfaat. Jika ada kesalahan silahkan mebenarkan dengan mengisi dikotak komentar. Salam sukses

Sumber: Berbagai sumber media inggris
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Strategi pemasaran untuk bisnis yang ingin sukses